Translate

Wednesday, June 12, 2013

PENYEBAB DAN CARA MENGATASI MATA BENGKAK SAAT BANGUN TIDUR


Saat bangun di pagi hari kadang seseorang mengalami mata bengkak atau sembab sehingga membuatnya tidak percaya diri kala beraktifitas. Sebenarnya apa yang menyebabkan mata jadi bengkak saat pagi hari?. Ada tiga penyebab utama mata menjadi bengkak saat bangun tidur yaitu posisi tidur, kurangnya waktu tidur serta makanan dan minuman yang dikonsumsi sebelum tidur seperti makanan yang terlalu asin atau natrium tinggi menyebabkan tubuh menahan air sehingga memicu mata bengkak.

Meski begitu ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai rutinitas untuk mengurangi mata bengkak secara efektif yaitu : 
1. Mengompres dingin area mata secara keseluruhan selama beberapa menit setelah bangun tidur. Untuk mengompresnya bisa menggunakan irisan timun, kain, kapas atau kantong teh basah yang berfungsi menyempitkan pembuluh darah. 
2. Berikan tekanan secara lembut pada tulang di sekitar mata seperti ketika dikompres, kondisi ini akan mendorong sirkulasi dan membantu mengurangi cairan berlebih.

3. Jika mata bengkak akibat makan makanan asin di malam hari, maka minum air putih saat bangun tidur bisa membantu mengurangi mata bengkak.
4. Cobalah tidur cukup dan menggunakan bantal untuk membantu menopang kepala sehingga mencegah akumulasi cairan di sekitar mata selama tidur.
5. Jika mata yang bengkak akibat alergi terhadap sesuatu, maka kenali pemicu alergi tersebut. Alergi ini bisa disebabkan oleh sabun, kosmetik atau obat tertentu. 



sumber KF

No comments: